Featured Post

Situs Ini Pindah ke www.klubsehat.org

Demi melayani lebih baik pada para pengunjung situs Klub Sehat, kami memindahkan seluruh artikel ke situs web baru di: https://klubsehat.org...

Wednesday, April 29, 2015

Menjadi Lebih Langsing dan Tetap Sehat

Bagi para pria maupun wanita yang menghadapi masalah berat badan, coba praktekan tips-tips berikut yang dipercaya dalam waktu yang relatif singkat, namun tetap aman, menurunkan berat badan anda secara signifikan.

Hal pertama yang patut anda ingat adalah untuk TIDAK mengurangi porsi makan anda, terutama bila nafsu makan anda cukup baik dan sesuai dengan besar keseluruhan tubuh anda (tinggi dan memiliki ruas-ruas tulang rangka yang besar).

Yang perlu anda lakukan adalah MENGGANTI dan MENGELOLA jenis makanan dan pola makan dan kebiasaan anda lainnya, itu saja. Bila anda termotivasi berat untuk menurunkan berat badan, seharusnya tips ini tidaklah sulit:


  1. Kelola JADWAL makan anda per hari nya. Bila anda tipe 3 kali makan per hari, lakukan strategi puasa 5 jam di antara waktu makan. 

  2. Apa itu puasa 5 jam? Makanlah makanan utama dan camilan dalam waktu yang hampir bersamaan dan setelah itu, langkahi 5 jam untuk kembali memasuki jadwal makan selanjutnya hingga hari itu berakhir.

    Contoh:
    Makan pagi jam 7 pagi, kemudian skip 5 jam tanpa makan apapun, makan siang jam 12 siang, skip 5 jam tanpa makan apapun, kemudian makan sore jam 5 petang. Selesai untuk hari itu. Camilan boleh anda lakukan, TEPAT setelah selesai makan makanan utama, bukan menunggu beberapa jam setelah makan.

    Bila anda tipe 2 kali makan per hari biasanya tak terlalu bermasalah dengan puasa makan diantara jam makan ini, sebab jarak antara jam makan lebih jauh. Seperti, makan pagi jam 10, kemudian makan siang menjelang sore sekitar jam 4 petang dan tidak makan malam atau hanya konsumsi buah-buahan.

  3. Ganti jenis nasi anda, dari nasi putih menjadi nasi merah. Usahakan memilih nasi merah yang organic dan pecah kulit (seperti pada gambar). Bilapun tidak, jangan membeli nasi merah yang berwarna 'muda' cenderung ke pink, sebab tipe nasi merah demikian sama persis dengan nasi putih, sudah kehilangan kulit luar yang penuh dengan serat dan vitamin B.

  4. Porsi sayur bening maupun mentah lebih banyak dari pada porsi nasi. Belilah sayuran segar dan lewaatkan di air minum yang diberi garam untuk membuang sisa pestisida. Porsi demikian akan membuat 2/3 piring anda dipenuhi sayuran, sedangkan 1/3 piring anda adalah nasi dan lauk pauk lainnya.
  5. Kurangi konsumsi daging dan lemak secara signifikan, gantikan dengan protein tumbuhan seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, dlsb. Kurangi konsumsi manis seperti kue, sirup, dll secara signifikan.

  6. Minumlah air putih SATU JAM sesudah jam makan. Lebih banyak lagi air minum pada jam-jam setelah nya, namun tetap beri jarak 1 jam sebelum jadwal makan berikutnya.

  7. Tidur cepat di waktu malam dan bangun lebih pagi

  8. Jalan kaki dan terpapar matahari, minimal 30 menit per hari.
Demikian tips diet sehat hari ini, semoga hari-hari anda dipenuhi keceriaan karna kesehatan yang lebih baik. 

Salam Sehat!

No comments:

Post a Comment

How did you find this blog

Note: Only a member of this blog may post a comment.